Senin, 28 September 2009

Mulai Kembali.

Lagi – lagi warga Indonesia kembali dipusingkan dengan kapan hari terakhir puasa. Mengenai kapan menjadi awal dari idul fitri masih di rapatkan di hari ke 29 puasa. Saat buka puasa terakhir pun pemerintah masih belum ada keputusan. Namun akhirnya keputusan telah ditetapkan kalau lebaran jatuh pada tanggal 20 September 2009, meskipun masih ada aja di daerah yang duluan maupun yang belakangan shalat ied. Mereka masing – masing mempunyai kepercayaan sendiri.

Yahh gw gak tau mesti seneng ato sebaliknya. Kenapa, soalnya bulan penuh keberkahan telah usai. Bulan penuh dengan limpahan pahala dan ampunan sudah tinggal kenangan dan untuk dapat ketemu lagi harus nunggu tahun depan itu juga kalo kita belom amsyong..hehe

Sangat disayangkan bagi mereka – mereka yang menyia-nyiakan bulan ramadhan. Mereka yang pada males puasanya, pada males ke mesjid buat tarawih, pokoknya males beribadah.

Bagi mereka yang males puasa, berarti mereka gak bersyukur karunia yang diberikan Allah SWT. kepada mereka yang selama 11 bulan terakhir bisa makan dan minum enak sampe puas. Dengan berpuasa, mereka bisa merasakan bagaimana rasanya lapar dan haus dikala matahari tepat diatas kepala. Bagaimana rasanya harus berjuang hidup dengan perut yang kosong dan dengan tenggorokan yang kering ditambah harus menahan segala emosi dan segala godaan yang menimpa. Makanya dengan puasa kita bisa merasakan apa yang selama ini kita gak rasakan. Kita jadi harus lebih menghargai hidup.

Ibadah ini hukumnya sunnah atau boleh dikerjakan boleh juga tidak. Dikerjakan dapet pahala gak dikerjakan ya enjoy aja. Yaitu shalat tarawih yang dilaksanakan berjamaah di masjid. Dilaksanakan setelah shalat isya yang notabene waktu dimana perut masih penuh sama hidangan buka puasa dan juga emang jam pulang beraktifitas. Yah rasa males emang selalu ada di hati kita soalnya (mungkin) selama 11 bulan terakhir kita emang jarang mengunjungi rumah Allah SWT. jadi mungkin tempat itu masih “asing” bagi kita. (kalo kita bertamu tuan rumah aja suka bilang, ‘anggap aja rumah sendiri’, Allah SWT. pasti lebih dari itu:) . Tapi seharusnya gak ada alesan sih buat males, soalnya dengan shalat tarawih berjamaah di masjid, pahala yang kita dapet tuh berlipat – lipat ganda. Tiap hari pahala yang dikasih sama Allah SWT. beda – beda dan sangat menggiurkan.

Dengan shalat tarawih di masjid, kita bisa melihat anak – anak kecil dengan gembiranya saling bermain di halaman sekitar masjid. Mereka saling kejar – kejaran, main selepetan sarung, jajan makanan favorit masa kecil kayak sate burung yang minyaknya item banget, somay, minuman dingin. Kita juga bisa melihat ‘artis dadakan’ yaitu para imam yang mimpin shalat berjamaah yang selalu dikerubuti anak2 buat minta tanda tangan buat mengisi buku ibadah yang harus dikumpulin waktu masuk sekolah.

Banyak mereka yang males ke mesjid karena alesan yang umum, yaitu males. Yaelah tiap hari juga kita males. Ada juga yang emang sibuk dengan jadwal buat Buka Puasa Bareng sama teman – teman. Kalo yang eksis, dari temen SD sampe kuliah di gelar bahkan dengan temen2 clubing pun gak ketinggalan. Dan yang pasti sih kalo kita buka puasa bareng temen2 sih pasti pada gak shalat maghrib deh..x) Yah untuk urusan ini kan bisa dilakukan di akhir pekan dan emang kan bulan ramadhan waktunya buat beribadah kan?.

Yah, balik lagi ke diri kita masing – masing aja kalo emang udah niat buat ibadah pasti gak ada halangan kok.

Bulan puasa menjadikan kita kembali fitri. Tapi, setelah kembali di bulan biasa, kita gak ragu untuk kembali berbuat ‘hal – hal’ yang dilarang dan sudah menjadi jadwal yang tidak tersusun. Gua pun pasti bakal melakukannya hal – hal yang kemaren2 lagi. Sangat sulit untuk meninggalkan hal – hal tersebut. Karena hal – hal itulah yang mungkin buat dunia lebih berwarna. Tapi buat gw, gw punya batasan sendiri untuk melakukan hal – hal yang setiap orang punya persepsi / penilaian berbeda – beda mengenai hal – hal tersebut. Semoga seiring berjalannya waktu kita bisa bersikap lebih dewasa dalam menyikapi hal – hal tersebut dan bisa memulai kembali segala aktifitas kita dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar