Rabu, 16 September 2009

Hari Yang Melelahkan

Hari itu rabu tanggal 03 – 09 – 2009 berjalan seperti biasa. Gw bangun jam 10 pagi, padahal gw ada kelas jam 10.30wib. Seharusnya gw minimal udah berangkat ke kampus jam segitu soalnya hari itu hari pertama masuk kuliah setelah liburan semesteran. Biarpun gak masuk kelas, gw tetep ke kampus buat baca2 skripsi di perpus mengingat gw kudu buru2 dapet judul buat segera diajuin.

Setibanya di kampus, gw langsung ke perpus. Jam operasional ruang baca skripsi hanya sampai jam 14.30wib dimajuin 30 menit soalnya lagui puasa. Ok mengingat temen2 gw baru pada keluar jam 15.30wib akhirnya gw baca2 dulu di perpus. Jam di dinding menunjukan pukul 14.55wib, tiba2 ada getaran yang bikin gw kaget. Getaran pertama dan kedua gw pikir Cuma perasaan gw aja. Pas getaran ketiga mulai terasa banget, orang2 di perpus juga mulai panik dan mulai ninggalin ruangan. Gw berusaha keluar secepat mungkin. Tembok2 mulai retak. Suasana makin panik waktu orang2 berebut turun tangga. karena saling berdesak2an sampai2 orang2 pada jatuh dan saling menimpa. Akhirnya situasi terkendali setelah keadaan yang sangat tegang.

Rencananya gw sama temen2 kampus mau bukber, tapi entah kenapa tiba2 dibatalin alhasil gw kudu balik sendirian naik bis mengingat kunci motor gw ketinggalan di ruang perpus yang keburu ditutup demi keamanan.

Jam 16.30wib merupakan macet apalagi ditambah telah terjadi gempa yang otomatis orang2 pun secara bersamaan ingin segera pulang. Jalanan sangat macet, gw putusin buat naik bus trans Jakarta aja. Jalur khusus bus rans Jakarta sangat lengang dibanding jalur umum. Semua pengendara mobil dengan sabar menghadapi padatnya kota Jakarta tapi suatu pemandangan yang sangat menyayat hati tiba2 muncul. Sebuah mobil sedan dengan plat berwarna biru muda dengan kecepatan tinggi melaju di jalur khusus bus Trans Jakarta, dan gak lama kemudian juga mobil sedan mewah warna hitam dengan plat nomor hanya 2 angka saja dan diikuti singkatan negara kita melaju gak kalah kenceng.

Setau gw, jalur tersebut namanya Busway yang artinya jalur khusus bus dan ada papan peringatannya kok yang menjelaskan kalo hanya bus aja yang boleh menggunakan jalur tersebut. Apakah ada hukum / UU tersendiri buat siapa yang boleh menggunakan jalur khusus bus tersebut?.

Gw mutusin buat naik trans jurusan ke arah halimun trus disambung ke dukuh atas mengingat tersendatnya bus yang ke arah ragunan. Jam di bus trans menunjukan pukul 17.10wib, mobil2 gak bisa bergerak karena padatnya mobil di perempatan lampu merah halimun. Polisi sibuk mengatur lalu lintas. Lewat pukul 17.35wib lalu lintas semakin kacau. Mobil maupun motor gak ada yang mau ngalah. Semuanya ingin segera keluar dari kemacetan. Sudah tidak terlihat lagi pihak yang seharusnya bertanggung jawab terhadap lalu lintas. Kemanakah mereka?, yang mengatur lalu lintas kali ini adalah para petugas bus trans Jakarta dan warga sekitar.

Karena waktu gak mungkin lagi buat nelanjutin perjalanan, akhirnya gw turun di halimun buat buka puasa. Sendirian di tempat asing sambil menikmati es kelapa dan bubur kacang ijo.

Lalu lintas terlihat sedikit lengang, akhirnya gw balik naik trans lagi yang ke jurusan blok M dan turun di halte al-azhar. Gw naek bis P18 biar ongkosnya Cuma sekali sampe ciputat. Akhirnya sampai juga dirumah setelah melewati hari yang melelahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar