Minggu, 18 Oktober 2009

Roda Berputar dan Berhenti

Orang sabar disayang Tuhan. Begitulah kata orang – orang dan orang bijak yang menyikapi hidup ini dengan sabar dan ikhlas. Hidup ini berjalan kayak roda yang berputar. Kalau roda itu diisi dengan angin yang pas, perjalanan kita menuju tempat tujuan pasti bakal mulus dan lancar. Tapi kalo roda itu kurang angin alias kempes yaa otomatis perjalanan kita untuk sampai tujuan bakalan terhenti sejenak buat nyari lay si tukang tambal ban yang kata orang kalo lagi dibutuhin jarang nongol. Kadang – kadang kalo kata orang juga, si lay juga lah yang suka menebar paku di jalan yang membuat perjalanan kita terhambat. Ironis memang, untuk mendapatkan sesuatu dengan instan harus ada aja yang dikorbanin, hal itu biasanya dilakukan secara individu atau berkelompok, mereka hanya mikirin satu pihak saja. Yah bermacam – macam orang yang mencari rejeki. Ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Ada yang perlu perjuangan dari bawah, ada juga yang bisa dapet sesuatu dengan mudah. Itulah seni kehidupan, selalu mempunyai dua sisi yang berseberangan.

Semua yang kita punya atau yang kita dapet (mungkin) hanya ujian dari Allah SWT. ALLAH SWT. menguji kita dengan harta / rejeki yang banyak, kemampuan diatas orang – orang banyak, kemampuan memimpin orang banyak dan hal – hal lain yang bisa dikatakan mendapatkan surga dunia. ALLAH SWT. juga menguji sama orang – orang yang diberikan kesulitan dalam hidupnya, entah itu nguji dari hal rejeki, kesulitan untuk mendapatkan sesuatu dan semua kesulitan yang artinya sulit.

ALLAH SWT. memberikan dua hal yang berbeda itu hanya untuk menguji bagaimana kita menyikapi pemberianNya apakah dengan kita diberikan kemudahan berupa rejeki kita akan mempergunakan rejeki itu dengan baik dan benar dan tidak membuat kita menjadi sombong dan takabur dan apakah dengan diberikan kesulitan bagaimana kita menyikapi kesulitan ini dengan hati yang sabar dan ikhlas dan tidak melunturkan keimanan dan ketakwaan kepada ALLAH SWT.

Perjalanan hidup ini emang kayak roda yang berputar yang bakalan terus berputar. Kalo roda itu udah gak berputar, berarti hidup ini ya udah cukup sampai dimana roda itu berhenti. Roda tersebut bisa aja berhenti di tempat tujuan dengan kecepatan yang kita tentukan sendiri atau berhenti ditengah jalan dan ditengah jalan itu kita masih bisa memperbaiki roda itu dan melanjutkan perjalanan atau emang berhenti tuk selamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar